Comanditaire Venootschap atau Persekutuan Komanditer atau yang lebih dikenal dengan singkatan CV merupakan sebuah persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada pihak lain yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.

Persekutuan sendiri terdiri dari 2 bagian :

  • Sekutu Komplimenter (Sekutu Aktif)
    Sekutu yang menjalankan perusahaan, dimana sekutu aktif berhak melakukan perjanjian dengan pihak ketiga dan menjalankan seluruh kebijakan perusahaan. Sering juga disebut dengan persero kuasa atau persero pengurus.
  • Sekutu Komanditer (Sekutu Pasif)
    Sekutu yang menanamkan modal dalam persekutuan. Dengan kata lain, jika perusahaan merugi, sekutu pasif hanya bertanggung jawab sebatas modal yang disertakan dalam pembuatan CV.
    Berlaku sebaliknya apabila perusahaan untung, mereka hanya memperolah sebatas modal yang diberikan. Sekutu Pasif tidak ikut campur dalam kepengurusan, pengusahaan, maupun seluruh kegiatan usaha perusahaan.
    Sekutu ini sering juga disebut sebagao sekutu diam.

 

Dengan kata lain, CV bukanlah merupakan badan hukum seperti PT, karena tidak memiliki kekayaan sendiri.

CV memiliki karakteristik unik dimana perlu didirikan oleh 2 orang, yang terdiri dari Sekutu Aktif dan Sekutu Pasif.

Satu hal lagi yang membedakan antara CV dan PT adalah dari penyetoran modal CV, dimana di dalam Anggaran Dasar Perusahaannya tidak dicantumkan pembagiannya seperti pada PT. Hal ini terjadi karena tidak adanya pemisahan kekayaan antara CV dan para Sekutunya. Dengan demikian, para sekutu sendiri yang harus membuat sebuah kesepakatan mengenai pembagian penyetoran modal pada CV.